Kamis, 23 Mei 2013

Belajar PHP | Variables

Variabel digunakan untuk membuat skrip kita lebih dinamis. Dalam dunia pemrograman, makna dari variabel adalah “sebuah nama simbolis yang mempunyai sebuah nilai dan nilai tersebut dapat berubah-ubah”.
JANGAN menggunakan angka untuk sebuah nama variabel!
Variabel PHP dimulai dengan tanda dollar [ $ ], diikuti dengan nama variabelnya setelah itu. Nama variabel itu case-sensitive.
Penamaan variabel aturannya sama dengan aturan penamaan label lainnya dalam PHP.
Sebuah nama variabel yang valid dimulai dengan huruf atau garis bawah (underscore), diikuti dengan huruf apapun, angka atau garis bawah.
Ketika Anda membuat sebuah variabel, pastikan itu menunjukkan sesuatu yang jelas dan masuk akal, serta tidak terlalu panjang.
Berikut contoh penggunaan variabel dengan contoh yang sederhana:
<?php
// Mengatur variabel dan nilainya, nama variabel tidak boleh diawali dengan angka
$umur= "15";
$nama = “Fee”;
$_warna = “biru”;

// echo untuk memunculkan ke browser
echo “Nama saya $nama. Saya berumur $umur tahun dan warna favorit saya adalah $_warna.”;

?>
Nama saya Fee. Saya berumur 15 tahun dan warna favorit saya adalah biru.
Membuat sebuah variabel kosong:
<?php
// membuat variabel kosong
$nama = “”;
$umur= “”;

?>
Atau cukup:
<?php
// cukup variabel saja
$nama;
$umur;

?>

Namun akan terlihat error, apabila seperti ini:
<?php
// contoh error
echo “Nama saya $nama”;

?>
Notice: Undefined variable: nama inC:\xampp\htdocs\test.php on line 4
Nama saya
Terjadi error diatas dikarenakan variabel belum terdefinisikan nilainya, namun sudah dipublikasikan melalui echo.


Artikel Terkait

1   Comment

mantap mas, dicoba
Reply Delete

Posting Komentar

Hanya Untuk BlogWalking !

No Spam !

Cancel Reply