Selasa, 23 April 2013

Protes Anonymous Atas Keberadaan CISPA


Undang Undang CISPA (Cyber Intelligence Sharing and Protection Act) yang resmi disahkan beberapa waktu lalu berbuntut panjang. Anonymous mengajak pemilik website di seluruh dunia untuk lakukan aksi Internet Blackout Day besok atau Selasa (23/04/13) waktu Indonesia sebagai aksi protes.

Secara sederhana dengan CISPA pemerintah Amerika Serikat memungkinkan mendapatkan data dan informasi terkait pengguna tertentu yang diinginkan dengan dalih keamanan negara. Sebab CISPA mewajibkan perusahaan untuk mengumpulkan informasinya dan menyerahkan ke pemerintah.

Anonymous menyerukan dan mengajak para pemilik website untuk lakukan gerakan mengubah laman depan (landing page) dengan aksi protes tuntutan perubahan atau pandangan mereka terkait UU CISPA.

Apa yang bakal terjadi besok mirip dengan apa yang terjadi pada tahun lalu. Pada 18 Januari 2012, terjadi aksi serupa tatkala jagat maya geger soal Stop Online Piracy Act (SOPA). Kala itu situs-situs top dunia seperti Wikipedia, Reddit, Google, dan Mozilla lakukan aksi Blackout sehari penuh. Alhasil, UU SOPA akhirnya ditangguhkan
.
Sedangkan CISPA sendiri digadang-gadang lebih garang dibanding SOPA. Kekhawatiran muncul di kalangan pengguna internet terkait soal privasi. Selain itu kebijakan CISPA berpotensi diselewengkan oleh pemerintah atau Badan Keamanan Nasional untuk kepentingan-kepentingan terselubung.

CISPA sendiri telah disetujui oleh U.S. House of Representatives (DPR Amerika Serikat) lewat proses pemungutan suara 288 berbanding 127. Pihak pemerintah beragumen jika UU-nya bukanlah sebuah kebijakan pengawasan, namun lebih ke arah monitoring.

Artikel Terkait

0   Comment

Posting Komentar

Hanya Untuk BlogWalking !

No Spam !

Cancel Reply